10 Cara Mudah Menghilangkan Kemalasan (Bagian I)

Kemalasan adalah musuh yang muncul dari dalam diri kita sendiri. Dan kita tahu bahwa kemalasan tidak pernah menuntun kita kepada suatu hal yang benar. Oleh karena itu jika kamu ingin mengalahkan kemalasan dalam dirimu, mari baca 7 cara atau tips yang bisa kamu lakukan untuk melawan kemalasan.

Cara Mudah

1. Temukan Pusat Kehidupanmu

Walaupun betul kenyataan mengatakan bahwa kemalasan muncul dari diri sendiri tapi hal itu bisa dihilangkan dari luar juga loh. Apa pusat kehidupanmu? Maksud pertanyaan ini adalah umumnya kamu habiskan hari-harimu dengan siapa atau dengan apa. Jika kamu terbiasa menghabiskan hari dengan TV berarti pusat kehidupan kamu adalah TV.

Jikalau kamu ingin bekerja dengan tekun dan rajin maka kamu harus memilih pusat kehidupan yang sejalan. Seperti contoh pusat kehidupan seseorang yang ingin menjadi dokter biasanya dia habiskan membaca penelitian atau menolong orang.

Ayo temukan pusat kehidupanmu!

2. Pertimbangkan Talenta Petunjuk Allah

Jika kamu bingung menemukan apa pusat kehidupanmu, cobalah lihat kemampuan yang kamu miliki. Dengan cara menemukan talentamu maka kamu bisa mengerjakan sesuatu dengan semangat dan tidak malas. Karena umumnya talenta berjalan searah dengan passion atau minat seseorang.
Jika seorang dokter yang dari kecil bertalenta memasak pasti dia akan malas kerja ke rumah sakit. Sekarang adalah saat yang tepat bagi kamu untuk mencari apa talenta atau minatmu.

3. Buat Tujuan Hidup Yang Nyata

Seseorang yang berjalan tanpa tujuan adalah orang yang jauh di dalam hati tidak akan pernah bahagia. Namun jangan salah, jika kamu memiliki tujuan tapi tujuan itu tidak nyata maka samalah kamu seperti ‘si tanpa tujuan’.

Tujuan yang nyata adalah tujuan yang spesifik, jelas dan terperinci. Contohnya adalah Ani ingin menjadi seorang wirausahawan sukses yang memiliki 10 cabang restaurant sebelum umurnya 35 tahun. Bandingkan tujuan Ani dan tujuan Budi. Budi ingin menjadi seorang sukses yang membahagiakan keluarganya.

Karena Ani memiliki tujuan yang terperinci maka Ani memiliki waktu yang harus dikejar serta dia bisa merencanakan rencana kerjanya untuk mencapai tujuannya. Sedangkan Budi tidak bisa berencana karena arah tujuan dia terlalu luas dan terlalu buram.

Jadi, apakah tujuan kamu sudah spesifik, jelas dan terperinci?

4. Buat Daftar Kemenangan Kecil

Cara Mudah

Kemalasan muncul saat kita merasa tidak puas atau patah semangat karena menyadari perjalanan masih panjang.

Cara untuk mensiasati patah semangat adalah dengan membuat daftar kemenangan-kemenangan kecil yang menuju pada tujuan besar kita. Kita ambil kembali kisah Ani sebagai contoh.

Karena Ani ingin memiliki 10 cabang Restaurant sebelum umurnya 35 tahun maka inilah daftar kemenangan kecil yang harus dia kerjakan.
ο Membuat menu untuk dijual
ο Buka jualan di rumah dengan modal seadanya
ο Daftarkan jualan ke Gojek/Grab
ο Tingkatkan penjualan dengan terima ketring
ο Sewa ruko kecil dulu untuk restaurant pertama
DLL

Dengan cara seperti ini kemalasan akan berubah menjadi rasa hutang tanggungjawab dan disiplin pada diri sendiri. Cara ini juga menjaga api semangat perjuangan4

 

5. Buat Rencana Kerja

Berhubungan dengan kemenangan kecil, buatlah juga perencanaan kerja yang terperinci. Cara ini digunakan bertujuan agar menghindari adanya waktu luang yang tidak sewajarnya sehingga akan membukakan pintu untuk kemalasan datang.

Kembali kita mengambil kisah Ani sebagai contoh. Berdasarkan kemenangan kecil di atas, Ani membuat perencanaan kerja seperti ini;
ο Senin, 25 April 2020: Membuat daftar menu uji coba
ο Selasa, 26 April 2020: Percobaan Resep A dan Resep B
ο Rabu, 27 April 2020: Percobaan Resep C dan Resep D
ο Kamis, 28 April 2020: Penelitian pasar mengenai resep kita
ο Jumat, 29 April 2020: Perbaiki resep sesuai saran dan masukan dari penelitian

Setidaknya buatlah rencana kerja untuk satu bulan. Apa kamu sudah memiliki rencana kerja?

6. Terapkan Prinsip Hadiah dan Hukuman

kata-kata bijak

Ini adalah salah satu cara mendisiplin diri. Tentukan sebuah hukuman jika kamu tidak melakukan rencana kerjamu dan beri dirimu hadiah jika kamu berhasil memenuhi semua rencana kerja tepat waktu sesuai jadwal dalam 1 minggu.

Contohnya akan dijelaskan di artikel 10 Cara Menghilangkan Kemalasan – Bagian II

Artikel ini sengaja dibagi menjadi 2 bagian sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Jika kamu sudah melakukan semua yang ada di bagian 1 maka bagian 2 akan sangat mudah untuk kamu lakukan.

Apa kamu merasa artikel ini membantu? Ayo bagikan cerita kamu di bagian comment. Apa kamu punya cara menghilangkan kemalasan yang belum diketahui orang lain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *